Kamis, 19 Maret 2009

Opera Turbo

Opera memperkenalkan produk baru berupa Opera Turbo, yang ditujukan untuk kepuasan akses internet. Opera Turbo menjanjikan browsing yang lebih cepat. Opera Turbo bisa dinikmati oleh pelanggan bisnis yang telah memanfaatkan Opera Desktop, Opera Mobile dan Opera Devices SDK. Opera Turbo meningkatkan kecepatan berselancar pengguna di dunia maya dengan mengkompresi konsumsi bandwith.

Dengan demikian data yang dikirim ke ponsel atau PC bisa berkurang, sehingga trafik jaringan operator bisa lebih dihemat dan dapat menyimpan data transmisi. Opera Turbo juga full support untuk teknologi Web dinamis seperti Ajax dan Flash. Opera Turbo menggunakan sistem kompresi. Mungkin pengguna Opera Mini akan akrab dengan teknologi kompresi seperti yang digunakan pada browser untuk ponsel tersebut. Namun, teknologi yang digunakan dalam Opera Turbo berbeda.

Turbo menggunakan teknologi bernama ‘Opera Web Optimization Proxy’ yang berbeda dengan ‘Opera Binary Markup Language’ pada Opera Mini. Layout situs dan teks akan terlihat sama, namun resolusi gambar mungkin terlihat rendah akibat kompresi.

Dalam rangka mempercepat akses web, Opera Turbo juga tidak otomatis mengunduh konten plugin tertentu. Ajax dan Flash tetap didukung oleh Opera Turbo, namun konten plugin tertentu menurut Mateu akan terbuka setelah kotak kosong yang tampil di-klik oleh pengguna.

Opera Turbo dapat bekerja pada berbagai koneksi namun perbedaan mencolok akan terlihat saat digunakan pada lingkungan dengan bandwidth rendah.
Selain membantu mempercepat akses, Opera Turbo juga bisa menghemat biaya akses internet yang dihitung berdasarkan kilobyte.

Berikut ini informasi mengenai Opera Turbo yang diambil dari situs Labs Opera.

  • Opera Turbo menggunakan teknologi bernama Opera Web Optimization Proxy, mirip tapi agak berbeda sedikit dengan Opera Binary Markup Language yang digunakan di Opera Mini.
  • Persamaannya menggunakan server Opera untuk kompresi. Perbedaannya di Opera Turbo layout dan text halaman web akan ditampilkan seperti aslinya, serta mendukung flash dan ajax. Sehingga mendukung website yang interaktif, tidak seperti OperaMini yang hanya statis saja.
  • Gambar kualitasnya akan berkurang sebagai efek dari kompresi data.
  • Apabila mengakses situs yang secure maka data tidak akan masuk ke server Opera namun data langsung dihubungkan menuju situs tersebut.
  • Opera Turbo akan disertakan dalam browser desktop versi mendatang.

download :


Sumber : Segala Sumber

Related Posts :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar